Tutorial

Cara merekam suara untuk drama operet anak TK dan SD menggunakan komputer/laptop

Drama operet sering kita temui dalam penampilan pentas seni di tingkat TK dan SD, operet ini sebenarnya adalah sebuah modifikasi dan perpaduan antara oepra dan kabaret. Sehingga sering kita kenal pementasan drama operet pada pentas seni Kelompok Bermain, TK, dan SD.

Kendala yang sering muncul dalam pementasan ini ialah kemampuan anak untuk menghafal teks/naskah drama yang ada, dan fasilitas sound system yang memadai yang ada diatas panggung. Seringkali suara yang diucapkan tidak terdengar/tidak tertangkap oleh microphone, sehingga banyak ibu/bapak guru melakukan pementasan ini dengan cara merekam dahulu dialog yang ingin ditampilkan. Lalu para siswa/peserta didik tinggal memperagakan adegan diatas panggung dengan cara lipsync.

Banyak cara/metode untuk merekam ini, pada zaman dahulu kita ada kenal namanya voice recorder menggunakan kaset, pada saat ini ada juga voice recorder digital. Nah pada artikel/video kali ini kita akan membagikan tips/tutorial cara merekam suara untuk operet menggunakan komputer, aplikasi DAW dan microphone usb.

Dengan cara ini proses rekaman menjadi mudah, lalu kita dapat dengan mengubah/mengedit suara yang direkam dan disusun sesuai dengan naskah dialog yang ada dan menambahkan efek suara/musik yang diinginkan.

Perlengkapan yang dibutuhkan

Untuk melakukan proses rekaman audio ini kita membutuhkan software dan hardware, untuk software kita membuuthkan aplikasi perekam suara atau ddikenal juga dengan istilah DAW (Digital AUdio Workstation). Lalu untuk hardwarenya kita membutuhkan microphone usb.

Ada banyak software DAW yang dapat digunakan untuk melakukan proses rekaman drama operet, pada artikel kali ini kita akan menggunakan DAW yang FREE dan dapat digunakan di semua platform baik itu WIndows,MAC, ataupun Linux yaitu AUDACITY. Software DAW ini dapat didownload dan install gratis, dengan cara mengunduhnya di https://www.audacityteam.org/

Untuk hardware yang digunakan kita akan menggunakan mic usb dari paket Mackie Creator Bundle, ini adalah paket untuk produksi suara, dapat digunakan untuk membuat drama, cover lagu, voiceover, podcast, dan streaming.

Dalam paket ini sudah termasuk didalamnya Microphone USB Mackie EM-USB, Speaker Mackie CR3X, dan Headphone Mackie MC-100. Sudah termasuk juga didalamnya kabel usb, kabel aux, dan kabel RCA.

Setup microphone usb untuk rekaman suara drama

Setup untuk merekam suara menggunakan mic usb sangatlah mudah, cukup langsung kita hubungkan microphone usb ke komputer. Microphone langsung dapat digunakan.

Menjalankan aplikasi DAW Audacity

Setelah microphone usb sudah terhubung ke komputer saatnya kita menjalankan aplikasi DAW AUdacity. , melakukan setting audio dan mulai proyek baru.

  1. Jalankan aplikasi DAW Audacity
  2. Masuk ke setting audio di Edit-Preference (Windows). Audacity – Preference (Mac)
  3. Audio Setting – Host = MME (Windows) ; Coreaudio (Mac)
  4. AUdio Setting – Playback Device – EM-USB Microphone(pilih mic usb yang digunakan)
  5. Audio Setting – Recording Device – EM-USB MIcrophone )pilih mic usb yang digunakan)
  6. Project samplerate = 44,100 Hz ; Default Samplerate = 44,100 Hz; Default Sample format = 16 bit

Ini adalah setting rekomendasi minimal untuk setiap spesifikasi komputer

Proses rekaman

Untuk memulai proses rekaman, langkah pertama yaitu :

1. Membuat track

pertama kita buat track untuk karakter orang pertama, dengan cara pilih menu Tracks – Add New – Mono Tracks

lalu ulangi cara ini untuk orang kedua/ketiga/narator dst.

2. Merekam suara

Untuk merekam suara kita cukup klik tombol record yang terapat pada toolbar utama, lalu diulangi untuk track-track berikutnya

Untuk teknik merekam suara anak kecil, kita mempunyai sedikit tips yang dapat digunakan yaitu kita rekam dulu seluruh dialog karakter yang direkam. Lalu nanti dapat diedit setelah selesai.

Lalu diulang pada track berikutnya untuk setiap karakter

3. Memotong hasil rekaman

Setelah semua dialog direkam, kita dapat memotong2nya untuk kemudian dirangkai menjadi dialog sesuai dengan naskah. Dengan cara menggunakan Toolbars Tools.

Untuk mendengarkan suara kita dapat menggunakan headphone atau speaker, kita dapat membuang dialog yang salah atau suara yang terlalu kecil/besar. Pastikan gambar waveform bagus tidak terlalu kecil dan overload sampai melebihi batas atas.

Untuk memotong clip dapat menggunakan perintah Ctrl +I / CMD +I / Klik kanan – Split Clips

4. Merangkai hasil rekaman

Setelah kita memotong hasil rekaman yang tidak perlu, kita dapat merangkai clip yang ada sesuai dengan naskah drama dengan cara Drag n Drop menggunakan mouse.

Agar transisi suara antar clip dapat terdengar lebih enak kita dapat menggunakan tools envelope

Tools envelope

Cara menggunakan tools envelope , klik icon tools envelope. Lalu klik pada bagian awal dan akhir clip, kita buat fade in dan fade out untuk clip suara yang ada.

5. Menambahkan musik dan suara latar

Untuk menambahkan musik atau suara latar dapat dilakukan dengan cara Klik Menu FIle – Import – Audio – Pilih file audio

6. Mixing Suara

Setelah clip suara diatur sesuai dengan naskah drama saatnya kita mengatur keseimbangan suara antar track/dialog dan musik/background suara. Untuk melakukan ini kita dapat mengatur volume suara setiap track dengan cara menggeser slider gain yang ada disamping kiri setiap track.

Lalu dapat kita dengarkan menggunakan Speaker dan Headphone

6. Export project ke audio file

Setelah semua dialog, musik, dan suara latar kita susun. Kita dapat langsung export project menjadi audio file dengan berbagai pilihan format, seperti mp4, mp4, wav, aiff, dsb. Agar mudah untuk dimainkan di berbagai perangkat dengan cara FIle – Export Audio

Untuk Audio Option, kita bisa menggunakan settingan berikut :

Channels: Stereo; Sample Rate : 44,100Hz

Lalu klik Export

Itulah cara mudah untuk merekam suara dialog naskah drama untuk operet menggunakan microphone usb dan DAW Audacity. Untuk perekaman suara lebih lanjut, kita dapat menggunakan DAW dengan fitur yang lebih banyak seperti Reaper, Cubase, Studio One, Ableton, Bandlab, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *